PENDAHULUAN
Dalam dunia kerja saat ini yang semakin kompetitif dan menuntut, manajer tidak dapat berhasil hanya dengan mengandalkan ketrampilan teknis.
Mereka juga harus mempunyai ketrampilan manusia yang baik .
APAKAH PERILAKU ORGANISASI ITU ?
Apa yang dilakukan para Manajer?
Siapa Manajer ?
Manajer adalah individu-individu yang mencapai sasaran melalui orang lain.
Manajer menyelesaikan sesuatu melalui orang lain
APAKAH ORGANISASI ?
Adalah unit sosial yang dengan sengaja dikelola, terdiri atas dua orang atau lebih, yang berfungsi secara relatif terus menerus untuk mencapai satu sasaran atau serangkaian sasaran bersama.
FUNGSI MANAJEMEN
¡ Perencanaan (Planning)
¡ Pengorganisasian (Organizing)
¡ Kepemimpinan (Leadership)
¡ Pengendalian (Controlling)
PERENCANAAN
¡ Proses yang mencakup penentuan sasaran
¡ Penentuan strategi
¡ Pengembangan rencana untuk mengatur kegiatan
PENGORGANISASIAN
¡ Menentukan tugas-tugas apa yang akan dilakukan
¡ Siapa yang akan melakukannya
¡ Bagaimana tugas-tugas tersebut akan dikelompokan
¡ Siapa melapor kepada siapa
¡ Dimana keputusan akan diambil
KEPEMIMPINAN
¡ Fungsi yang menyangkut Motivasi karyawan
¡ Mengarahkan orang lain
¡ Memilih jalur komunikasi yang efektif
¡ Menyelesaikan konflik-konflik
PENGENDALIAN
Memantau kegiatan-kegiatan untuk menjamin kegiatan-kegiatan itu dicapai sesuai rencana dan memperbaiki setiap penyimpangan yang signifikan.
APA YANG DILAKUKAN MANAJER ?
Yang dilakukan manajer adalah
¡ Merencanakan
¡ Mengorganisasikan
¡ Memimpin
¡ Mengendalikan
PERAN-PERAN MANAJEMEN
¡ Peran Interpersonal
Semua manajer dituntut untuk menjalankan tugas–tugas yang sifatnya seremonial dan simbolik
¡ Peran informasional
Semua manajer pada tataran tertentu, mengumpulkan informasi-informasi dari organisasi-organisasi dan institusi-institusi diluar lembaga mereka
¡ Peran Pengambil Keputusan
Para manajer melakukan peran pengambil keputusan, misalnya dalam hal, peran kewirausahaan, penyelesaian masalah, pengalokasian sumber daya dan peran perunding
KETERAMPILAN MANAJEMEN
¡ Ketrampilan Teknis
Ketrampilan yang menyangkut penerapan pengetahuan atau keahlian khusus.
¡ Ketrampilan personal
Kemampuan bekerjasama, memahami dan memotivasi orang lain, baik perorangan maupun dalam kelompok
¡ Ketrampilan konseptual
Kemampuan mental untuk menganalisis dan mendiagnosa situasi rumit
DEFINISI PERILAKU ORGANISASI
Perilaku organisasi
adalah bidang studi yang mempelajari dampak perorangan, kelompok dan struktur pada perilaku dalam organisasi, dengan tujuan mengaplikasikan pengetahuan semacam itu untuk memperbaiki efektivitas organisasi.
ILMU-ILMU YANG MENDUKUNG
PERILAKU ORGANISASI
¡ Psikologi
¡ Sosiologi
¡ Psikologi sosial
¡ Antropologi
¡ Ilmu Politik
PSIKOLOGI
¡ Ilmu yang berusaha menilai, menjelaskan dan seringkali mengubah perilaku manusia.
Para psikolog memfokuskan diri mempelajari dan berupaya memahami perilaku individu.
SOSIOLOGI
¡ Studi tentang hubungan manusia dengan sesamanya .
Para sosiolog mempelajari sistem sosial dimana individu –individu mengisi peran-peran mereka.
PSIKOLOGI SOSIAL
Psikologi sosial adalah suatu bidang dalam psikologi, yag mencampurkan konsep-konsep dari psikologi dan sosiologi dan memfokuskan pada pengaruh seseorang terhadap orang lainnya.
Salah satu bidang yang paling banyak diteliti oleh psikologi sosial adalah perubahan
BIDANG PENGGARAPAN PSIKOLOGI SOSIAL
¡ Pengukuran, pemahaman dan perubahan sikap
¡ Pola komunikasi
¡ Pembangunan kepercayaan
¡ Cara kegiatan kelompok memuaskan kebutuhan individu.
¡ Proses-proses pengambilan keputusan individu
ANTROPOLOGI
¡ Antropologi adalah studi tentang masyarakat untuk mempelajari manusia dan kegiatan mereka.
Budaya organisasi, lingkungan organisasi, perbedaan antar budaya
ILMU POLITIK
Ilmu politik mempelajari individu dan kelompok dalam lingkungan politik.
Å Strukturisasi konflik, alokasi kekuasaan, memanipulasi kekuasaan untuk kepentingan individu.
Å Dalam politik “ Tidak ada lawan dan kawan yang sejati yang ada kepentingan abadi”
Å Merebut, mempertahankan dan membagi-bagi kue kekuasaan
TANTANGAN DAN PELUANG
ORGANIZATION BEHAVIOR (OB)
MENYIKAPI GLOBALISASI
¡ Organisasi tidak lagi terikat perbatasan negara.
¡ Globalisasi mempengaruhi ketrampilan personal manager, paling tidak 2 cara; ditugaskan didalam atau di luar negeri.
¡ Manager harus menguasai budaya antar bangsa .
MENGELOLA KEBERAGAMAN TENAGA KERJA
¡ Salah satu tantangan paling penting dan meluas yang kini dihadapi organisasi adalah menyesuaikan orang yang berbeda.
¡ Keberagaman tenaga kerja, adalah konsep bahwa organsasi menjadi lebih heterogen dalam hal jenis kelamin, ras, etis dan masuknya kelompok-kelompok lain yang berbeda.
PENINGKATAN KUALITAS DAN PRODUKTIVITAS
Untuk meningkatkan kulitas dan produktivitas, para manajer harus mengimplentasikan Program-program:
ü Manajemen Kualitas
ü Rekayasa ulang proses
MANAJEMEN KUALITAS (Quality Management)
Pencapaian terus menerus kepuasan konsumen melalaui perbaikan terus menerus pada semua proses organisasi
APAKAH MANAJEMEN KUALITAS ITU ?
¡ Fokus kuat pada konsumen
¡ Peduli terhadap perubahan terus menerus
¡ Perbaikan kualitas apapun yang dilakukan organisasi
¡ Perhitungan akurat
¡ Pemberdayaan karyawan
REKAYASA ULANG PROSES
Mempertimbangkan bagaimana pekerjaan akan dilakukan dan organisasi disusun jika harus dimulai dari awal.
MENYIKAPI KELANGKAAN TENAGA KERJA
Pasang surut perekonomian sukar diperkirakan
¡ Pada masa kelangkaan tenaga kerja, tawaran upah dan tunjangan besar tidak akan cukup untuk mendapatkan dan mempertahankan tenaga kerja trampil.
¡ Dalam ketatnya bursa tenaga kerja manajer yang tidak memahami perilaku manusia dan tidak dengan tepat memperlakukan karyawannya, beresiko tidak memiliki karyawan.
PENINGKATAN LAYANAN PELANGGAN
¡ Bidang OB umumnya mengabaikan pelanggan, fokus pada pelanggan dianggap urusan orang yang mempelajari dan mempraktekkan marketing.
¡ Banyak organisasi gagal karena karyawannya gagal memuaskan pelanggan
¡ OB harus dapat memuaskan pelanggan.
MENINGKATKAN KETRAMPILAN PERSONAL
¡ Melalui mempelajari cara-cara merancang pekerjaan yang memotivasi
¡ Teknik-teknik untuk meningkatkan ketrampilan untuk mendengar
¡ Menciptakan tim yang lebih efektif.
MEMBERDAYAKAN ORANG
Memberdayakan karyawan
memberikan tanggung jawab kepada karyawan atas apa yang mereka kerjakan
Apa beda antara memberdayakan dengan memperdayakan ?
MERANGSANG INOVASI DAN PERUBAHAN
¡ Organisasi yang berhasil saat ini harus mendukung inovasi dan menguasai seni perubahan atau mereka menjadi kandidat kepunahan.
¡ Kemenangan akan jatuh ke organisasi-organisasi yang menjaga fleksibilitas mereka, terus menerus memperbaiki kualitas mereka, dan mengalahkan para pesaing mereka dipasar dengan senantiasa mengalirkan produk-produk dan jasa yang inovatif.
¡ Tantangan bagi manajer adalah merangsang kreativitas karyawan mereka dan memaklumi perubahan.
MEMBANTU KARYAWAN MENYEIMBANGKAN KONFLIK PEKERJAAN/KEHIDUPAN
¡ Mayoritas mahasiswa perguruan tinggi dan universitas menyatakan mendapatkan keseimbangan antara kehidupan pribadi dan kerja adalah tujuan karier utama.
¡ Oragnisasi yang tidak membantu karyawan mereka meraih keseimbangan pekerjaan / kehidupan akan semakin kesulitan menarik dan mempertahankan karyawan yang paling handal dan bermotivasi.
MODEL ORGANIZATION BEHAVIOR
Model : adalah abstraksi realitas, representasi yang disederhanakan atas sejumlah fenomena dunia nyata.
Model Sederhana OB
Tingkat sistem organisasi
Tingkat kelompok
Tingkat Individu
KEGIATAN MANAJER YANG EFEKTIF vs KEGIATAN MANAJER YANG SUKSES
Luthan “para manajer melakukan 4 kegiatan manajerial”:
ü Manajemen tradisional.
Pengambilan keputusan, perencanaan dan pengendalian.
ü Komunikasi
Bertukar informasi dan memproses dokumen
ü Manajemen Sumber daya manusia
Memotivasi, mendisiplinkan, mengelola konflik, mengalokasikan staf dan melatih
ü Pembangunan jaringan
Bersosialisasi, berpolitik, dan berinteraksi dengan orang luar
ALOKASI KEGIATAN MENURUT WAKTU
| Manajer rata-rata | Manajer sukses | Manajer efektif |
Manajemen tradisional | 32% | 13% | 19% |
Manajemen SDM | 20% | 11% | 26% |
Komunikasi | 29% | 28% | 44% |
Pembanguanan Jaringan | 19% | 48% | 11% |