Site Translator

Google

Selasa, Oktober 20, 2009

Hakikat Demokrasi


A. HAKIKAT DEMOKRASI


1. Pengertian Etimologis Demokrasi

Demokrasi menurut bahasa atau etimologis adalah pemerintahan yang diambil dari bahasa yunani demos yang berarti Rakyat dan cratos yang berarti pemerintahan, jadi demokrasi adalah pemerintahan rakyat

Demokrasi terbagi menjadi dua bagian :

1.Demokrasi langsung
paham demokrasi yang mengikut sertakan setiap warga Negara dalam permusyawarahan untuk menentukan kebijakan umum atau undang- undang

2.Demokrasi tidak langsung atau demokrasi perwakilan
Demokrasi tidak langsung adalah paham demokrasi yang dilaksanakan melalui system perwakilan, yang biasanya dilakukan melalui pemilihan umum.


2. Pengertian Terminologis Deomokrasi

Dari sudut Terminologis banyak sekali definisi yang dikemukakan oleh beberapa tokoh politik,

Demokrasi ialah sistem politik yang menunjukan bahwa kebijaksanaan umum ditentukan atas dasar mayoritas oleh wakil-wakil yang diawasi Secara efektif oleh rakyat dalam pemilihan berkala yang didasarkan atas perinsip kesamaan politik dan diselenggarakan dalam suasana terjaminya kebebasabn politik.


Abraham Lincolin

Demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat

Secara Subtantif, prinsip utama dalam demokrasi ada dua :
1. kebebasan dan persamaan adalah fondasi demokrasi. Kebebasan dianggap sebagai sarana mencapai kemajuan dengan memberikan hasil maksimal dari usaha orang, tanpa adanya pembatasan dari penguasa, jadi bagian tak terpisahkan dari ide 2. kebebasan adalah pembatasan kekuasaan penguasa politik. Demokrasi adalah sistem politik yang melindungi kebebasan warganya sekaligus memberi tugas pemerintah untuk menjamin kebebasan tersebut..

b. kedaulatan rakyat
Pada hakekatnya kebijakan yang dibuat adalah kehendak rakyat dan untuk kepentingan rakyat. Mekanisme semacam ini akan mencapai dua hal, yang pertama adalah, kecil kemungkinan terjadinya penyalah gunaan kekuasaan, yang kedua terjaminya kepentingan rakyat dalam tugas- tugas pemerintah.

Pembagian bentuk pemerintahan menurut plato :

a. Monarki
b.Tirani
c..Aristokrasi
d. Oligarki
e. Demokrasi




Nicollo Machiavelli membedakan bentuk pemerintahan yaitu

a, Monarki

Bentuk pemerintahan bersifat kerajaan, pimpinan Negara umumnya bergelar raja, ratu ,kaisar atau sultan.


b, Republik

Bentuk pemerintahan yang dipimpin oleh seorang presiden atau perdana mentri




4. Demokrasi Sebagai Sistem Politik

Henry B. Mayo, menyatakan demokrasi sebagai system politik merupakan suatu system yang menunjukan bahwa klebijakan umum ditentukan atas dasar mayoritas oleh wakil-wakil yang diawasi secara efektif okleh rakyat dalam pemilihan yang berkala yang didasarkan atas prinsip kesamaan politik dan diselenggarakan dalam suasana terjaminya kebebasan politik.



5. Demokrasi Sebagai Sikap Hidup

Perkembangan baru menunjukan bahwa demokrasi tidak hanya dipahami sebagai sikap hidup, atau pandangan hidup demokrasi, demokrasi tidak datang dan tumbuh dengan sendirinya demokrasi membutuhkan usaha nyata dari setiap warga maupun penyelenggara Negara, untuk berperilaku sedemikian rupa sehingga mendukung pemerintahan atau sistem politik demokrasi,